Senin, 09 Mei 2016

Pengertian dan Pemahaman Protokol TCP/IP

pengertian protokol tcp/ip
Pengertian, Arti & Fungsi TCP / IP, tcp/ip yaitu salah satu piranti lunak jaringan komputer(networking software) yg terdapat dalam system, & dipergunakan dalam komunikasi data dalam local tempat network ( Lembaga Administrasi Negara) ataupun Internet.


TCP singkatan dari Transmission Control Protocol & IP singkatan dari Internet Protocol. tcp/ip jadi satu nama dikarenakan fungsinya senantiasa bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.
tcp/ip waktu ini dipergunakan dalam tidak sedikit jaringan pc lokal ( Lembaga Administrasi Negara) yg membuka ke Internet, dikarenakan mempunyai sifat :

1.Yakni protokol standar yg terbuka, free & dikembangkan terpisah dari piranti keras computer tertentu. Lantaran itu protokol ini tidak sedikit didukung oleh vendor piranti keras, maka tcp/ip ialah pemersatu piranti keras computer yg bermacam merek demikian yang merupakan pemersatu beraneka ragam piranti lunak yg bermacam brand maka meskipun memanfaatkan piranti keras & piranti lunak pc yg tidak sama, computer & computer yang lain mampu berkomunikasi data lewat Internet.
2.Berdiri sendiri dari piranti keras jaringan apapun. Sifat ini mengizinkan tcp/ip bergabung dgn tidak sedikit jaringan pc. tcp/ip mampu beroperasi lewat suatu Ethernet, suatu saluran dial-up, & dengan cara virtual lewat beraneka ragam sarana fisik transmisi data.
3.Mampu dijadikan alamat umum maka tiap piranti yg memanfaatkan tcp/ip dapat mempunyai suatu alamat unik dalam satu buah jaringan computer lokal, atau dalam jaringan kumputer global seperti Internet.

TCP/IP ialah standar komunikasi data yg diperlukan utk dalam proses tukar-menukar data dari satu computer ke pc lain terhadap jaringan Internet.
Sebab berupa kumpulan protokol (protocol suite) sehingga Protokol ini tidaklah sanggup berdiri sendiri,. TCP/IP yakni yg paling tidak sedikit digunakan kepada waktu ini.
Terhadap tcp/ip terdapat protocol mutlak merupakan :
1.Aplication Layer
Bertugas utk melayani permintaan data atau servis, penerapan kepada layer ini menunggu di portnya masing-masing kepada satu buah antrian buat diproses. Yg bekerja terhadap layer ini merupakan penerapan :
- Network Terminal Protocol (TELNET), yg sediakan remote login dalam jaringan.
- File Transfer Protocol (FTP), dimanfaatkan utk file transfer.
- Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), dugunakan utk mengirimkan e-mail (electronic mail).
- Domain Name Service (DNS), utk memetakan IP Address ke dalam nama tertentu.
- Routing Information Protocol (RIP), protokol routing.
- Open Shortest Path First (OSPF), protokol routing.
- Network File Sistem (NFS) utk berbagi/ berbagi file dalam sebuah jaringan pada bermacam macam host.
- Hyper Text Transfer Protokol (HTTP), protokol yg difungsikan buat website browsing.
2.Transportation Layer
Buat menempa satu buah sambungan antara host penerima & pengirim sebelum ke-2 host tersebut berkomunikasi & seberapa tidak jarang ke-2 host ini bakal mengirim acknowledgment dalam sambungan tersebut satu sama yang lain. Transport layer cuma terdiri dari dua macam protocol diantaranya merupakan :
- Transmission Control Protocol (TCP)
- User Datagram Protocol (UDP)
3.Internet Layer
Berisi protokol yg memiliki tanggung jawab dalam pengalamatan & enkapsulasi paket data jaringan. Kepada Internet layer terdiri dari sekian banyak protokol ialah :
- IP (Internet Protocol)
- ARP (Address Resolution Protocol)
- ICMP (Internet Control Message Protocol)
- IGMP (Internet Grup Management Protocol)
4.Network Acces Layer
Network Access Layer merupakan gabungan dari Network, Data Link & Physical Layer. Network Acces Layer sediakan fasilitas bagi system buat mengirimkan data ke device lain yg terkoneksi dengan cara cepat.
aku kira pass utk pembahasan kali ini, mudah-mudahan bakal menambah wawasan sobat menyangkut arti dari Protokol TCP/IP. mudah-mudahan bermanfaat & berguna...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca artikel kami, berkomentarlah dengan relevan sesuai posting