Senin, 16 Mei 2016

Cara Membuat Database yang Baik dan Benar

membuat database yang baik dan benar
Didalam perancangan atau pembuatan database yang baik dan benar sangat berpengaruh akan aspek keterkaitan antara data-data yang akan menjadi suatu aplikasi yang baik dan efisien.Untuk membuat database kita harus memperhatikan hal-hal tertentu
dalam penamaan atau aturan dari tipe field itu sendiri.
Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan database yang baik antara lain:

a. Tipe-tipe field


Tipe data Numeric yang digunakan dalam penyimpanan dalam bentuk angka. Tipe data numeric yang biasa sering digunakan dalam database :
INT
DECIMAL
DOUBLE
FLOAT

Tipe data date dan time ini digunakan untuk penyimpanan data yang berbentuk tanggal dan waktu, dan tipe data yang sering digunakan :
DATE
TIME
DATETIME
YEAR
HOUR
MINUTE

Tipe data string atau text tipe ini sering digunakan untuk penyimpanan dalam bentuk text, tipe datanya adalah :
VARCHAR
CHAR
TEXT
LONGTEXT
MEDIUMTEXT

b. Aturan merancang/membuat database yang baik


  Table dalam database tidak boleh sama (redudancy) maupun ganda, jika ada kesamaan maka akan error pada saat pemanggilan data karena server tidak bisa menentukan nama table yang sama

  Dalam setiap tabel harus memiliki kode yang unik atau field yang berbeda dengan field yang lain. ini disebut dengan primary key. primary key digunakan sebagai kunci dalam sebuah tabel karena record yang berada pada field primary key tidak boleh ada yang sama.

  Setiap field harus disesuaikan dengan tipe field dan besar karakter disesuaikan dengan perkiraan data aktual. contohnya kita akan membuat field tanggal maka tipe data harus menggunakan date, kemudian misalkan kita akan membuat field alamat maka kita menggunakan tipe data varchar dengan jumlah karakter 40 karena dalam penulisan alamat pasti membutuhkan banyak karakter.

  Untuk penamaan atau identifier dari database, tabel dan field bersifat case sensitive artinya besar atau kecil huruf sangat berpengaruh ketika menghubungkan database pada sebuah aplikasi. sebagai tips dalam penamaan menggunakan lower-case usahakan lower-case semua ataupun sebaliknya pengen menggunakan upper-case usahakan upper-case karena dalam pembuatan berskala besar akan sedikit menyulitkan ketika menggubungkan/memanggil database dalam aplikasi.penamaan dari database, tabel, ataupun field mencerminkan dari aplikasi yang digunkan.

saya kira hal-hal tersebut diatas akan mempermudakan sobat dalam membuat database dan saat memanggil database dalam sebuah aplikasi.terima kasih sudah baca Cara Membuat Database yang Baik dan Benar. semoga menambah pengetahuan sobat dan bermafaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca artikel kami, berkomentarlah dengan relevan sesuai posting